Inilah Tarif Sertifikasi Halal

Inilah Tarif Sertifikasi Halal

Beritakoperasi, Jakarta - Pemerintah resmi menerbitkan aturan tarif layanan jaminan produk halal pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 57/PMK.05/2021 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal pada Kementerian Agama.

Tarif terdiri dari tarif layanan utama dan tarif layanan penunjang. Tarif layanan utama meliputi tarif layanan sertifikasi halal terhadap barang dan jasa, layanan akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan registrasi auditor halal. Selain itu juga meliputi tarif layanan pelatihan auditor halal dan penyelia halal tarif layanan serta sertifikasi kompetensi auditor halal dan penyelia halal.

Tarif layanan penunjang mencakup tarif penggunaan lahan, ruangan, gedung, dan bangunan, tarif penggunaan peralatan dan mesin, tarif penggunaan laboratorium serta tarif penggunaan kendaraan bermotor.

Khusus pelaku usaha mikro dan kecil yang memenuhi kriteria akan digratiskan dari tarif layanan pernyataan halal (selfdeclare), tarif layanan perpanjangan sertifikat halal, dan tarif layanan penambahan varian atau jenis produk.

Selain itu, pemerintah juga membebaskan layanan pelatihan penyelia halal bagi usaha mikro. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan negara.

Sementara, untuk pelaku usaha besar tarif layanan sertifikasi halal dikenakan 150% atau lebih tinggi dari tarif batas atas layanan.

Berikut ini besaran tarif layanan Jaminan Produk Halal pada BPJPH:

  • Sertifikasi halal untuk barang dan jasa meliputi sertifikasi halal proses reguler, perpanjangan sertifikat halal, penambahan varian atau jenis produk, dan registrasi sertifikat halal luar negeri. Dengan tarif Rp 300.000-Rp 5.000.000 per sertifikat.
  • Akreditasi lembaga pemeriksa halal dengan tarif Rp 2.500.000-Rp17.500.00 per lembaga.
  • Registrasi auditor halal tarifnya Rp 300.000 per orang.
  • Pelatihan auditor halal dan penyelia halal tarifnya Rp1.600.000-Rp 3.800.000 per orang.
  • Sertifikasi kompetensi auditor halal dan penyelia halal Rp1.800.000-Rp 3.500.000 per orang

 (IUR/Beritakoperasi)