Dr Tedy : Transformasi Koperasi KBUMP Menjadi Pemain Bisnis Nasional

Beritakoperasi,  Purwokerto – Terpilih menjadi Ketua Umum Koperasi Bina Usaha Mandiri Profesional (KBUMP) pada ajang RAT Luar Biasa KBUMP Sabtu, 5 November 2022, Dr Tedy Dirhamsyah bertekad untuk membawa KBUMP menjadi pemain bisnis nasional.

Dr Tedy  : Transformasi Koperasi KBUMP Menjadi Pemain Bisnis Nasional

Beritakoperasi,  Purwokerto – Terpilih menjadi Ketua Umum Koperasi Bina Usaha Mandiri Profesional (KBUMP) pada ajang RAT Luar Biasa KBUMP Sabtu, 5 November 2022, Dr Tedy Dirhamsyah bertekad untuk membawa KBUMP menjadi pemain bisnis nasional.

 

Baca juga : Tempat Nongkrong Baru Di Purwokerto

KBUMP merupakan koperasi yang dibentuk inisiasinya pada tahun 1999 dan disahkan badan hukumnya pada tahun 2000. Dilihat dari sisi usia KBUMP sudah berusia 23 tahun.

 

Sejak berdiri KBUMP memiliki divisi bisnis retail yang menjadi ikon bagi masyarakat Purwokerto. Swalayan Boersa Kampus menjadi bisnis yang banyak membantu masyarakat terutama mahasiswa Unsoed memenuhi kebutuhannya.

 

Dalam keterangannya Dr Tedy, pria alumni Fakultas Pertanian Unsoed yang menyabet gelar Doktor dari UGM ini bertekad membawa KBUMP menjadi pemain nasional. ”Kita terdiri dari kaum intelektual yang sebagian besar telah berkiprah di dunia pengabdian masing-masing. Tentu kita punya keunggulan baik kompetitif maupun komparatif. Di RAT luar biasa sebulan lalu kita telah menetapkan rencana stretegis k depan” ujar pria yang aktif di ikatan alumni Unsoed ini.

 

Pria tenang kelahiran Tasikmalaya ini yakin dengan kekuatan kebersamaan dengan prinsip koperasi KBUMP akan menjadi pemain utama dalam ekosistem bisnis koperasi maupun bisnis secara umum. ”Tentu kita punya PR cukup banyak, kita akan rapikan semua. Kita mulai dari penciptaaan tata kelola koperasi yang baik. Kita telah RAT terprogram setiap Januari, dan RAT kita tahun ini di bulan November melalui RAT luar biasa kita awali kembali dengan nafas baru memberikan maslahat KBUMP bagi semua” papar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar  (Balitri), Kementan ini.

 

 

Good Cooperative Governance kita junjung tinggi, kita sudah mulai lakukan komunikasi dengan pemerintah melalui Dinas Koperasi dan berbagai mitra kerja yang ada bahwa kita akan menjadi bisnis akselerator terutama bagi koperasi lainnya” tutur Tedy selanjutnya.

 

Tedy menjelaskan sebagai langkah awal perbaikan administrasi tengah dilakukan oleh KBUMP untuk membuat legalitas dan pemurnian kelembagaan. ”Saya bersama dengan pengurus lain saat ini tengah membenahi legalitas kita di unsur Dinas Koperasi, tentu semua berjalan dengan proses. Alhamdulilah keyakinan saya sebagai ketua ternyata mendapat dukungan semua pihak” ujarnya lagi.

 

Menutup penjelasannya doktor jebolan UGM ini mengajak semua elemen bisnis di Banyumas untuk bisa bekerjasama dengan lanskap kerjasama antar koperasi. ”Kita akan awali dengan penegakan prinsip kerjasama antar koperasi, kita mulai dari Banyumas. Mohon doanya kiprah KBUMP semakin besar ke depan” pungkasnya.

 

Baca juga : Swalayan Koperasi Yang Diinisiasi Alumni Unsoed

Budi Hermawan yang terpilih sebagai Ketua Pengawas sangat mendukung upaya pengurus baru yang telah terpilih. ”Koperasi menjadikan jati dirinya, semua berawal dari kita, oleh kita dan bahkan buka  hanya untuk kita tetapi untuk semua. Saya kira terpilihnya Dr Tedy harapan baru bagi kita semua. Saya ajak semua anggota untuk semakin berperan aktif memajukan koperasi kita. Program kerja KBUMP yang diusung oleh pengurus era 2023-2027 ini juga sangat memberikan optimisme bagi kita” pungkas Mas Budi sapaan akrab pria humoris ini.

 

Koperasi KBUMP membuka hotline kerjasama dengan berbagai pihak. Kontak kerjasama ke nomor wa center 0877-7611-3133. (Diah/Beritakoperasi)