Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Punya bisnis sendiri jadi mimpi bagi sebagian yang berjiwa entrepreneur. Selain bisa menyalurkan ide kreatif pada produk yang dapat dihasilkan, tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Berita Koperasi, PurwokertoPunya bisnis sendiri jadi mimpi bagi sebagian yang berjiwa entrepreneur. Selain bisa menyalurkan ide kreatif pada produk yang dapat dihasilkan, tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Perkembangan bisnis UMKM di Indonesia sangat pesat. SesKemenKopUKM Arif Rahman Hakim menyatakan UMKM selama ini berkontribusi sebesar 60,5 persen terhadap PDB. Kalau kita punya semangat terus memberikan dukungan sehingga omzetnya bisa naik, maka target pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 bisa terlewati.

Kendati Jumlah UMKM yang banyak di Indonesia. Namun, masih banyak juga permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM . bahkan tak banyak pula pelaku bisnis UMKM yang akhirnya gulung tikar. Oleh karena itu, diperlukan suatu tahapan perubahan, salah satunya melalui strategi bisnis. Sudahkah kamu menyusun strategi bisnis untuk menghadapi persaingan di era digital? Berikut merupakan beberapa kiat yang bisa terapkan untuk membantu usaha kamu bersaing dan juga berkembang di era digital.

1. Pahami Kebutuhan Pasar                                  

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan dengan mengetahui kebutuhan pasar. Penting untuk kita memperhatikan produk apa yang saat ini dibutuhkan masyarakat. Sehingga UMKM milikmu sukses memiliki produk sesuai permintaan pasar.

2. Pastikan mempunyai kualitas yang baik

Tidak hanya produk yang dibutuhkan pasar, kualitas produk yang dijualpun harus memiliki kualitas yang baik. Ketika kita memiliki produk yang baik , tentu pelanggan akan siap membayar dengan harga yang tinggi, ingat juga soal pelayanan yah.

3. Kenali Kompetitor Kamu

Dalam menjalani bisnis, tentunya akan menemukan competitor, yaitu pelaku usaha yang menawarkan produk serupa. Sehingga perlu mengenali keunggulan dan kelemahan competitor. Hal ini dapat membantu kamu terapkan untuk mempuat bisnis tetap unggul.

Baca : Mau Sukses Bisnis? Portal Berita Koperasi Bantu Promosi UMKM Indonesia

4. Gunakan Media Sosial

Saat ini pengguna media social di Indonesia sangatlah banyak dari rentang anak-anak hinga lansia, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube sehingga kesempatan ini dapat menjadikan alat strategi bisnis. Di Media Sosial ini Anda dapat mempromosikan usaha dengan mudah dan gratis. Hanya perlu menjadi kreatif dan membuat konten yang menarik konsumen.

5. Masuk Ke Marketplace

Dengan masuk ke marketplace, kamu dapat dengan mudah mendirikan took online. Saat ini marketplace di Indonesia sudah banyak, untuk memilihnya perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai marketplace yang cocok dengan kategori produk yang kamu jual.  

6. Kelola Keuangan secara tepat

System keuangan UMKM di transformasi digital ini merupakan elemen yang penting. Untuk kemajuan UMKM perlu dikelola secara bijak. Pastikan mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran secara teratur. Saat ini untuk memantau pemasukan dapat dengan mudah dilakukan tanpa membuang waktu dan tenaga, dengan menggunakan fitur laporan penjualan dari berbagai penyedia software bisnis.

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu coba lakukan untuk mengembangkan UMKM di era digital saat ini. Semoga kiat-kiat diatas dapat membantu bisnis kamu menjadi sukses dan menghasilkan keuntungan berlimpah. (Lintang/Berita Koperasi)