Pendekatan Mikro Penting Untuk Membangun Koperasi Sehat dan Sangat Berkualitas

Pendekatan Mikro Penting Untuk Membangun Koperasi Sehat dan Sangat Berkualitas

Beritakoperasi, Jakarta – Pendekatan mikro dalam membangun koperasi sering kali terlupakan. Ini menjadi sebab tidak majunya koperasi. Bahwa koperasi yang maju harus didukung oleh manajemen yang kuat dan sdm yang kompeten. Redaksi berbincang via online dengan Direktur LSP-KJK, Setyo Heriyanto yang juga mantan Deputi Kelembagaan  Kemenkop. LSP-KJK  merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang diberi kewenangan untuk menguji kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi bagi para pengelola koperasi jasa keuangan memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui surat keputusan No. 09/BNSP/III/2008, tanggal 10 Maret 2008.Sejalan dengan perkembangan dunia usaha dan kebutuhan profesional untuk menyikapi perkembangan jasa keuangan, maka diperlukan kesiapan profesional bagi pengelola koperasi jasa keuangan.

 

Setyo mengungakap bahwa Kompetensi dan integrasi profesional yang tinggi dari pengelola koperasi jasa keuangan, menjadi tuntutan publik pengguna jasa keuangan. “Visi LSP-KJK adalah Pada tahun 2023 akan menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi terbaik di bidang Koperasi Simpan Pinjam dan menjadi barometer kualitas pengelola koperasi jasa keuangan di Indonesiainjam dan menjadi barometer kualitas pengelola koperasi jasa keuangan di Indonesia’ ujarnya membuka penjelasannya.

Pendekatan Mikro Pengukuran Koperasi Sehat dan Berkualitas  

 

“Kita punya misi antara lain, melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi pengelola koperasi jasa keuangan pola pelayanan konvensional dan Syariah sesuai standar dan peraturan yang berlaku, memelihara dan mengembangkan skema sertifikasi sesuai kebutuhan dan tuntutan kompetensi di industry perkoperasian, meningkatkan kompetensi seluruh personil dan asesor kompetensi LSP secara berkala dan berkesinambungan, mengembangkan skema sertifikasi sesuai tuntutan industry, Mengembangkan system sertifikasi yang efisien tanpa mengabaikan prinsip asesmen. Melakukan inovasi dalam system sertifikasi dan akses infomasi berbasis digital, Perluasan jejaring untuk memperluas pelayanan sertifikasi” ujarnya menjelaskan tentang misi LSP –KJK.

“Masih soal misi, LSP-KJK juga melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi pengelola koperasi jasa keuangan sesuai standar dan peraturan yang berlaku, memelihara dan mengembangkan skema sertifikasi sesuai kebutuhan dan tuntutan kompetensi di industry perkoperasian, meningkatkan kompetensi seluruh personil dan asesor kompetensi LSP secara berkala dan berkesinambungan, mengembangkan skema sertifikasi sesuai tuntutan industry, Mengembangkan system sertifikasi yang efisien tanpa mengabaikan prinsip asesmen, melakukan inovasi dalam system sertifikasi dan perluasan jejaring untuk memperluas pelayanan sertifikasi” paparnya tentang misi LSP –KJK.

 

Setyo sangat konsen terhadap bagaimana membangun koperasi sehat dan modern, sehingga koperasi sebagai badan usaha harus bisa diukur. “Dari pendekatan mikro yang pertama kepatuhan terhadap regulasi hukum publik, dan kepatuhan terhadan peraturan internal koperasi, sustainability usaha sesuai hasil penilaian kesehatan usaha, menentukan kesinambungan usaha” ujarnya memberikan penekanan bahwa koperasi sehat dari sudut pandang mikro harus diperkuat.

 

“Aspek selanjutnya adalah kemampuan sdm dari segi sertifikasi kompetensi pengurus, pengawas dan  karyawaannya. Dan juga kualitas kelembagaan yang dinilai melalui pemeringkatan oleh lembaga independen pemeringkat koperasi, hal ini jangan dilupakan agar koperasi berdaya saing nantinya” ungkapnya menjelaskan lagi.

Menutup penjelasannya Setyo mengatakan bahwa akuntabilitas penyusunan laporan keuangan harus diperhatikan betul.  yg diperoleh dr hasil audit dr KAP. “Akuntabilitas penyusunan laporan harus diperoleh melalui hasil audit  dari Kantor Akuntan Publik atau KAP” pungkas memberikan penjelasan.

Bagi koperasi yang ingin sertifikasi manajer atau pengurus dapat menghubungi LSP-KJK melalui Telepon: (021) 84592562 / 087780846775 atau Email : info@lspkjk026.co.id ; sertifikasi.lspkjk@gmail.com. (Diah/beritakoperasi)