Jakarta, Beritakoperasi – Koperasi Nusantara (Kopnus), sebuah koperasi simpan pinjam di Indonesia, merayakan ulang tahunnya yang ke-20 dengan pencapaian yang luar biasa.

Perayaan ulang tahun Kopnus itu dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta pada Jumat (25/10/2024) malam.

Setelah dua dekade, Kopnus telah berhasil membangun jaringan yang luas di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu kunci kesuksesan Konpus adalah melalui transformasi dan inovasi digital.

Ketua Koperasi Nusantara (Kopnus), Joshua Rahmat menyampaikan bahwa inovasi dan digitalisasi menjadi strategi utama memajukan koperasi dan memperluas akses bagi anggotanya.

“Inovasi digital merupakan fokus kami, agar koperasi tidak lagi hanya dilihat sebagai lembaga tradisional. Dengan digitalisasi, kami ingin setiap anggota dapat lebih mudah dalam mengakses layanan keuangan,” ujarnya.

Strategi ini sekaligus untuk menghapus stigma koperasi sebagai lembaga tradisional. Selain itu, masyarakat masih menganggap koperasi sebelah mata. 

Melalui digitalisasi tersebut memungkinkan anggota untuk mengakses layanan keuangan dengan lebih mudah dan cepat, salah satunya dengan menghadirkan aplikasi mobile OREN.

Baca juga:  Mursida Rambe Ajak Perempuan Bangun Peradaban

OREN adalah aplikasi digital mobile berbasis android dan IOS yang telah ada sejak tiga tahun silam. 

Aplikasi ini menampilkan berbagai fitur untuk kemudahan anggota, mengelola keuangan khususnya Simpanan Berjangka, mengecek plafon pinjaman dan saldo pinjaman, melakukan transfer ke bank mitra, pembayaran tagihan listrik, BPJS, Telkom, PDAM, Kartu Prabayar, hingga pembayaran melalui QRIS pada merchant UKM yang menjadi binaan Kopnus.

“Kami berkomitmen untuk menghilangkan persepsi negatif terhadap koperasi dengan menghadirkan layanan yang mudah dan standar yang tinggi, sejalan dengan misi pemerintah untuk mendukung perkembangan koperasi sebagai roda penggerak ekonomi bangsa,” kata Rahmat.

Pada usianya ke-20 tahun, Kopnus telah mendapat berbagai pencapaian signifikan. Salah satunya berhasil membangun jaringan 200 cabang yang tersebar di berbagai wilayah dengan aset yang mencapai hampir Rp20 triliun.

Dengan fokus pada kesejahteraan pensiunan, Kopnus telah meluncurkan berbagai program inovatif seperti “Pensiunan Sehat, Hidup Sejahtera” dan “Lindungi Pensiunan dengan Digitalisasi Pembayaran Pensiun”. 

Selain itu, Kopnus juga memiliki ambisi untuk go international dan telah memulai langkah-langkah untuk memperluas bisnisnya ke luar negeri.

Baca juga:  Teten Masduki Sarankan UMKM Terlibat dalam Program Makan Bergizi Gratis Era Prabowo-Gibran

“Kami ingin Kopnus dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara,” ungkap Rahmat.

Terungkap Kopnus sedang mempersiapkan ekspansi ke luar negeri, salah satunya melalui kerjasama dengan komunitas diaspora Indonesia di Turki.

“Kami ingin Kopnus dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara,” ucapnya.

Acara perayaan ulang tahun ke-20 Kopnus dimeriahkan oleh penampilan penyanyi Rossa.

Perayaan diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada para mitra utama Kopnus yakni Pos IND, Taspen, dan Asabri serta pemberian Lifetime Achievement Award kepada Joshua Rahmat atas dedikasinya. (IT/Beritakoperasi).