Jakarta, Beritakoperasi – Maman Abdurrahman telah dilantik menjadi Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara resmi di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Maman sudah diprediksi sebagai Menteri UMKM setelah terlihat datang di kediaman Presiden Prabowo di kawasan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024).

Pada Jumat, 18 Oktober 2024, Maman juga terlihat menemui mantan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bersama Menteri Koperasi yang baru Budi Arie Setiadi di kantor KemenKop UKM.

Pelantikan Maman menjadi Menteri UMKM merupakan hasil dari pemisahan Kementerian Koperasi dan UKM, menjadi Kementerian Koperasi dan Kementerian UMKM.

Profil Maman Abdurrahman

Nama Lengkap: Maman Abdurrahman

Tanggal Lahir: 10 September 1980

Tempat Lahir: Pontianak, Kalimantan Barat

Pendidikan

Maman Abdurrahman menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Jakarta. Namun, saat SMP dan SMA, ia melanjutkan pendidikan di kota kelahirannya.

Kemudian, ia melanjutkan studi di Universitas Trisakti, dan berhasil meraih gelar di bidang Teknik Perminyakan dan lulus pada 2008.

Baca juga:  OJK Sebut Ada Tantangan Transisi Koperasi Open Loop dan Close Loop

Selama masa kuliah, Maman aktif terlibat dalam kegiatan organisasi, termasuk menjabat sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti.

Setelah menyelesaikan pendidikan, Maman terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Golkar.

Karir

Maman memulai karir politiknya dengan aktif di berbagai organisasi sayap partai hingga akhirnya terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Maman pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli di Kementerian Sosial pada tahun 2018. Selain itu, ia juga sempat menjadi Anggota PAW DPR RI.

Maman pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang membidangi bidang energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup.

Saat ini, Maman Abdurrahman resmi menjadi Menteri UMKM pemerintahan Prabowo-Gibran Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. (IT/Beritakoperasi)