Jakarta, Beritakoperasi – Pada hari Senin, 21 Oktober 2024, Budi Arie Setiadi secara resmi menjabat sebagai Menteri Koperasi pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka melantik Menteri Kabinet Merah Putih masa jabatan 2024-2029 di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024)

Budi Arie merupakan seorang politisi Indonesia yang dikenal sebagai seorang aktivis dan jurnalis Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Koperasi, Budi Arie menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika sejak Juli 2023.

Profil Budi Arie Setiadi

Nama Lengkap: Budi Arie Setiadi

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 20 April 1969

Agama: Islam

Instagram: @budiariesetiadi

Jabatan Saat Ini: Menteri Koperasi Republik Indonesia

Pendidikan:

  • SD Marsudirini Matraman, Jakarta
  • SMP Negeri 1 Jakarta
  • SMA Negeri 3 Jakarta
  • S1 Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia (UI) 1988-1995
  • Magister Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) 2002-2005

Perjalanan Karier

Aktivis Mahasiswa

Selama menjadi mahasiswa di UI, Budi Arie sudah aktif dalam organisasi. Ia pernah menjabat sebagai ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP UI pada 1993-1994 dan anggota Presidium Senat Mahasiswa UI pada 1994-1995.

Baca juga:  Forkopi Lanjutkan FGD RUU Perkoperasian Di Sidogiri, Andy A Djunaid Ajak Elemen Koperasi Ikut Membangun Bangsa

Budi juga aktif mengelola mingguan Media Indonesia pada tahun 1994-1996 bersama wartawan Tempo yang baru saja dibredel.

Budi terus terlibat dalam berbagai kegiatan jurnalistik yang mendorong perkembangan keterampilan menulis dan analisis, serta memperdalam pemahaman tentang isu-isu sosial dan politik di Indonesia.

Pengusaha

Budi merambat menjadi pengusaha setelah lulus dari Universitas Indonesia. Usaha beliau bergerak di berbagai bidang, termasuk bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Politisi Indonesia

Budi memulai karir politiknya dengan menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Karir nya semakin naik hingga ia menjabat sebagai ketua Badan Penelitian dan Pengembangan DPD PDIP DKI Jakarta dari 2005 hingga 2010.

Ketua Umum Projo

Sejak tahun 2013 sampai saat ini, Budi aktif dalam kegiatan mendukung Mantan Presiden Joko Widodo melalui organisasi Projo (Pro-Jokowi). Ia memainkan peran krusial dalam menggalang dukungan untuk pencalonan Jokowi sebagai presiden.

Selain itu, beliau juga aktif dalam kegiatan yang mendukung program-program pemerintahan.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Baca juga:  Ezar Mahasiswa Manajemen FEB Unsoed : Bakso Girimarto Mengusung Cita Rasa Wonogiri, Juara Tetelan dan Raja Kuah Sedap Manjakan Penggemar Bakso Purwokerto

Pada periode 25 Oktober 2019 hingga 17 Juli 2023 beliau mulai menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Selama menjabat, beliau dikenal sebagai sosok yang bertanggung jawab dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan terkait pembangunan desa, daerah tertinggal, kesejahteraan desa dan transmigrasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika

Budi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada 17 Juli 2023. Selama menjabat, beliau mulai aktif dalam kegiatan pengelolaan dan pengembangan sektor komunikasi dan informatika di Indonesia, yang berfokus pada transformasi digital, peningkatan akses internet, pengembangan infrastruktur TIK, dan pengaturan media serta informasi digital.

Menteri Koperasi

Sejak 20 Oktober 2024, Budie Arie resmi menjabat sebagai Menteri Koperasi Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. (IT/Beritakoperasi)