Jakarta, Beritakoperasi.com – Hari terakhir masa jabatan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggelar makan siang bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Semua menteri dan kepala lembaga diundang dalam acara makan siang bersama tersebut. Mereka hadir lewat pintu Jalan Veteran Jakarta, Pintu Bali dan ada yang melalui Pintu Sekretariat Negara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta para menteri kompak mengenakan pakaian batik. 

Wajah cerah sumringah terpancar di wajah para menteri saat bergiliran memasuk Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Cuaca terik pun tidak memudarkan senyum sejumlah menteri meski hari itu menjadi hari terakhir mereka bekerja sebagai menteri pada kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Sejumlah menteri yang tidak tergabung dalam kabinet Prabowo-Gibran pun tetap mengumbar senyum setibanya di istana.

Contohnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang berjalan sambil tersenyum dan merangkul dua menteri lain.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengonfirmasi bahwa para menteri diundang ke Istana Kepresidenan untuk makan siang bersama Presiden Jokowi.

Baca juga:  Penguatan Koperasi Perkebunan: Bupati Ketapang Serukan Komunikasi Lintas Sektor yang Lebih Baik

“Makan siang bersama. Iya, hari ini kan hari kerja terakhir,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat siang.

Adapun menteri lain seperti Menteri ART/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi tampak hadir bergiliran dan menyapa wartawan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, menyempatkan foto bersama awak media dan sempat melayani pertanyaan wartawan, tidak seperti hari-hari sebelumnya.

Nadiem yang tidak bergabung dengan kabinet Prabowo-Gibran itu menyampaikan pesan dan kesan untuk menteri baru.

“Saya bilang, selamat sukses dan saya yakin ketiga menteri itu hebat dan pasti akan melanjutkan program yang baik dan juga menyempurnakan yang masih belum perbaikan,” kata Nadiem, di Istana Kepresidenan, Jumat (18/10/2024).

Selain itu, Nadiem juga mengucapkan terimakasih kepada Jokowi karena dukungan yang telah diberikan pada pendidikan selama lima tahun terakhir.

“Luar biasa, tanpa dukungan beliau, saya tidak bisa melakukan begitu banyak transformasi, mulai dari kurikulum, Kampus Merdeka, asesmen nasional, enggak mungkin tanpa dukungan Pak Jokowi,” ucapnya.

Baca juga:  Sejumlah Menteri Ekonomi Era Jokowi yang Tidak Dipanggil Prabowo ke Kediamannya

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menyampaikan acara makan siang bersama para menteri itu merupakan pertemuan terakhir Jokowi dengan para pembantunya di kabinet.

Acara makan siang digelar supaya moment itu berlangsung secara rileks dan santai.

“Pak Presiden makan siang bersama menteri, dalam suasana yang rileks, belum juga sudah berkemas,” ujar Ari, Jumat (18/10/2024)

Meski di hari kerja terakhirnya, Jokowi akan tetap bekerja menerima beberapa tamu yang berkaitan dengan mendorong proses transisi pemerintahan. (IT/Beritakoperasi)