Jakarta, Beritakoperasi – Sebanyak 107 tokoh calon menteri dan kepala badan terlihat hadir atas undangan presiden terpilih, Prabowo Subianto, di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta.

Puluhan tokoh itu datang dari berbagai latar belakang, diantaranya politisi, pejabat negara, akademisi, publik figur, hingga kalangan profesional.

Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, mengungkap latar belakang tokoh yang diundang Prabowo adalah hasil usulan dari pimpinan partai politik koalisi.

Beberapa tokoh yang datang juga merepresentasikan partai di luar koalisis Pilpres 2024, seperti PKB dan PKB.

Namun, diantara puluhan tokoh itu, belum ada kader partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipanggil menjadi menteri kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani hanya menanggapi santai ketiadaan panggilan sampai saat ini.

“Iya berarti enggak dipanggil. Ya udah itu aja,” katanya seusai sidang paripurna di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024).

Puan mengatakan komunikasi antara dirinya dengan Prabowo terjalin baik, dan mengungkap adanya kesamaan misi untuk membangun Indonesia bersama.

Baca juga:  Pasca Gempa Turki : Ladang Kapas dan Gandum Jadi Kuburan Masal

“Baik sekali, selalu komunikasi. Ya seperti juga di DPR selalu baik-baik menjalin komunikasi. Kita akan selalu membangun Indonesia bersama. Tidak ada hal-hal yang kita kemudian sepertinya berbeda. Kita kan sama-sama membangun Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Puan mengungkapkan ada rencana pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelum masa pelantikan.

“Pasti, insyaallah akan bertemu. Insyaallah. Insyaallah semuanya mungkin terjadi,” tuturnya.

Melansir dari detikNews, jurusan bicara PDIP, Chico Hakim mengungkap masih belum ada keputusan soal ketetapan kader yang masuk kabinet Prabowo-Gibran. Dia mengatakan keputusan kader yang masuk kabinet ditentukan pada pertemuan dari Prabowo dengan Megawati.

“Kita tunggu pertemuan antara Ibu Mega dan Pak Prabowo,” kata Choco kepada wartawan, Senin (14/10/2024).

Dasco juga mengatakan masih ada kemungkinan bagi PDIP untuk bergabung.

“Waktu pemanggilan belum selesai, sampai 20 (Oktober) pagi saja palingan,” kata Dasco sembari menuju ruang pimpinan DPR pada Selasa (15/10/2024).

Soal calon menteri dari PDIP, Dasco memilih bungkam. Dia meminta publik untuk menunggu panggilan lanjutan pada esok hari.

Baca juga:  Teten Masduki Bongkar Upaya Penipuan Menggunakan Identitasnya

“Nanti lihat besok lah ya,” ujarnya

Lebih lanjut, Dasco mengatakan acara pembekalan calon menteri akan digelar di Hambalang pada Rabu (16/10). (IT/Beritakoperasi)