Jakarta, Beritakoperasi – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berbicara mengenai keinginan menjadikan UMKM bagian dari transformasi struktur ekonomi nasional. 

Ungkapan ini disampaikan Teten dalam acara bedah buku serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM di Tangerang, Selasa (8/10/2024).

Buku serial “Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM” terdiri dari tujuh judul yang mencakup topik-topik penting seperti rumah produksi bersama, minyak makan merah, korporatisasi petani, pembiayaan UMKM, program solar untuk nelayan, digitalisasi, dan reformasi badan layanan umum (BLU). 

Dalam acara tersebut, Teten berbicara tentang pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional dan menekankan pentingnya adopsi teknologi, modernisasi proses bisnis, dan kemudahan akses pembiayaan untuk pengembangan koperasi dan UMKM.

Dia menguraikan empat langkah strategis dalam pengembangan koperasi dan UMKM, yaitu memperkuat pendampingan dan perlindungan koperasi dan UMKM,memastikan akses pembiayaan, teknologi, dan pasar yang lebih luas, membangun kolaborasi lintas sektor, serta peningkatan produktivitas melalui digitalisasi dan efisiensi rantai pasok.

Menjelang akhir masa jabatannya, Teten berharap transformasi dan inovasi untuk koperasi dan UMKM terus berlanjut di bawah pemerintahan berikutnya. Ia juga meminta agar praktik-praktik baik yang telah dilakukan Kemenkop UKM yang telah dituangkan dalam buku serial tersebut dapat diteruskan.

Baca juga:  3 Tersangka Kasus Korupsi Kredit Bank Rp4,4 Miliar Jadi Tahanan Kota

Teten berharap buku ini menjadi panduan strategis untuk pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan koperasi dan UMKM. (IT/Beritakoperasi)