Beritakoperasi, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan bukan hanya investor besar yang bisa melakukan investasi. Pemerintah memberikan akses setara untuk UMKM dan koperasi untuk menjadi investor.

“Saya ingin menggaris bawahi, investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar. Pemerintah juga memberikan akses setara kepada golongan UMKM dan koperasi. Investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar, investor asing,” Kata Jokowi, dalam acara investor daily summit 2021 secara virtual.

Menurutnya, UMKM dan koperasi juga sama seperti investor besar karena sama-sama memberikan lowongan pekerjaan dan juga berperan dalam meningkatkan perekonomian negara.

Investasi sendiri, menurut Jokowi menjadi kunci utama dalam pemulihan ekonomi di konidisi pandemic Covid-19 saat ini. Selain investasi, pertumbuhan ekonomi juga bisa ditopang dengan mendorong industrialisasi, hilirisasi, investasi, dan meningkatkan ekspor.

“Struktur ekonomi kita yang selama ini lebih dari 55% dikontribusikan oleh konsumi masyarakat, harus perlahan kita alihkan menjadi ke produktif, yakni dengan mendorong industrialisasi, hilirisasi , investasi, dan meningkatkan ekspor. Terlebih dalam kondisi pandemic seperti saat ini, investasi merupakan kunci utama dalam pemulihan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi,,” kata Jokowi.

Baca juga:  Hukum Mati Harus Tunggu 10 Tahun Jika Berkelakuan Baik Akan Bebas Dari Eksekusi. Begini Tanggapan Hotman Paris

Sejalan dengan mendorong investasi, pemerintah disebut telah melakukan penyederhanaan perizinan untuk pengusaha melalui system online single submission (OSS).Hal itu dilakukan juga untuk meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri.

“Penyederhaan perizinan berusaha di pusat daerah, penerapan perizinan berusaha berbasis risiko, serta berbagai insentif lainnya diharapkan dapat meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri. System online single submission (OSS), dalam rangka penyelenggaraan perizinan berusaha secara elektronik, cepat, dan efisien,” Ungkap Jokowi.