Ma’ruf Amin : Indonesia Berpotensi Taklukan Pasar Halal Dunia

Ma’ruf Amin : Indonesia Berpotensi Taklukan Pasar Halal Dunia

Beritakoperasi, Jakarta - Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk menguasai pasar halal dunia. Indonesia harus mendorong produk-produknya agar menguasai pasar halal dunia, ujar Ma’ruf Amin dalam pembicaraannya di Indonesia Industrial Moeslem Exhibition 2021 (4/6/2021). Diharapkan Indonesia menjadi produsen dan eksportir halal terbesar di dunia Karena Indonesia memiliki potensi besar pasar produk halal.

Ma’ruf Amin juga mengungkapkan berdasarkan atas OIC Economic 2020, diantara negara-negara anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam, Indoneisa menempati posisi kelima eksportir dengan proporsi 9,3. Indonesia dibawah Arab Saudi, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Turki. Indonesia juga menempati posisi keempat importer dengan proporsi 8,4.

Ma’ruf Amin berharap potensi Indonesia sebagai pasar produk muslim harus dengan dilakukannya peningkatan kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri khususnya ke negara-negara anggota OKI.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai pasar produk muslim, ada empat langkah yang harus dilakukan. Pertama, mengembangkan riset halal dan meningkatkan substitusi impor. Kedua, membangun kawasan-kawasan halal yang terintegrasi logistic halal. Ketiga, membangun sistem informasi halal dengan mempercepat proses penyelesaian sertifikat halal. Keempat, meningkatkan kontribusi produsen-produsen produk halal, baik skala mikro, menengah, dan besar untuk ekspor produk halal ke seluruh dunia.

Dengan banyaknya potensi yang dimiliki Indonesia, dan dengan dukungan pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, Ma’ruf Amin optimis Indonesia mampu menjadi produsen halal terbesar di dunia di waktu yang akan datang.

(CNBCC)

(IUR/Beritakoperasi)