Beritakoperasi, Landak – Dalam perkembangan di era digital yang serba canggih ini. Semua sektor kehidupan tentu saja dipaksa untuk cepat dalam beradaptasi dan up-to-date dengan perkembangan.

Pembaruan ke sistem digital terjadi pada tiap-tiap sektor termasuk koperasi. Lebih mudah nya lagi bahwa digital sendiri merujuk pada penggunaan sistem koperasi ke sistem alat yang lebih canggih dengan bantuan digital real time

Baca : Putaran Ketiga FGD RUU Perkoperasian Forkopi

Yohanes Meter, Ketua Koperasi Produsen Daya Bersatu Maju mengatakan saatnya koperasi harus menuju pada koperasi digital. Menurutnya dengan beradaptasi pada koperasi digital Koperasi Koperasi Produsen Daya Bersatu Maju akan betul-betul maju.

Sistem koperasi digital ini pada akhirnya akan mendorong setiap industri dari berbagai sektor bisnis untuk beradaptasi dan bertransformasi dalam upaya menghadapi lingkungan yang semakin hari semakin dinamis” ujarnya. 

Yohanes Meter mengatakan koperasi digital tidak jauh berbeda dari koperasi pada umumnya, konsep koperasi digital juga bekerja dengan tujuan mendapatkan keuntungan bersama. Koperasi digital juga melakukan beberapa kegiatan untuk mensejahterakan anggota dan mendukung mereka untuk terus berkembang. 

Baca juga:  Webinar Harkopnas Ke-77 : Peran Lembaga Pembiayaan Pengungkit Pengembangan Koperasi

Hanya saja, berbeda dengan koperasi tradisional tanpa digital pada umumnya yaitu seluruh anggota koperasi dapat melakukan akses atau kegiatan dalam koperasi melalui jaringan atau penggunaan digital. Ini berarti, Koperasi digital adalah suatu sistem upaya manajemen untuk mengubah koperasi tradisional menjadi koperasi digital” tegasnya.

Ia tegaskan lagi bahwa untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai koperasi digital, kita juga perlu tahu keuntungan yang bisa didapatkan melalui koperasi digital.

”Pertama-tama tentunya koperasi memiliki kegunaan yaitu sebagai usaha peningkatan taraf hidup setiap anggotanya, begitu pula dengan koperasi digital. Tetapi terdapat hal yang membedakan dalam segi keuntungan koperasi jika dibandingkan dengan koperasi non-digital atau koperasi tradisional biasanya”ujar Yohanes Meter menambahkan. 

Melalui perubahan menjadi koperasi digital, ia berharap Koperasi Produsen Daya Bersatu Maju akan dapat memperluas jangkauannya dan mudah dijangkau dari mana saja.

”Ini berarti dari mulai keanggotaannya sampai kegiatan keanggotaan dapat dilakukan melalui jarak jauh. Terlebih lagi, seluruh hal yang menyangkut kepentingan koperasi dapat dipantau melalui real time atau waktu bersamaan di semua anggota” tegasnya.  

Baca juga:  Catatan Akhir Tahun Koperasi Indonesia, Dr Tedy Dirhamsyah : Koperasi Menemukan Momentum Menjadi Besar

Menutup keterangannya digitalisasi Koperasi Produsen Daya Bersatu Maju akan dilakukan secara bertahap. ”Kita akan melakukan upaya membentuk peta informasi yang jelas melalui pembangunan website koperasi yang bisa diakses dengan mudah oleh anggota. Melalui update kegiatan yang terus-menerus ia berharap jumlah anggota akan segera bertambah banyak dan koperasi bisa melakukan scale-up ekonominya” pungkas Yohanes Meter. (Diah/Beritakoperasi)