Beritakoperasi, Jakarta – Koperasi dibangun untuk membuat orang menjadi lebih baik. Siapapun dia bisa menjadi anggota koperasi dan memilikinya serta memanfatkan koperasi untuk menolong dirinya. Pada koperasi berlaku prinsip kesetaraan dan keadilan. Kita menolong orang lain dan kita bisa ditolong oleh orang lain. Koperasi Arbangin Wukir Jalanidhi sebagai koperasi yang berbasis pada kebersamaan berusaha keras untuk mewujudkan cita-cita berdaya dan makmur bersama. 

Koperasi yang digawangi oleh anak-anak muda koperasi dan dengan konsultan Ketua Umum Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI) Sularto ini bertekad kuat untuk membuat kemakmuran bersama menjadi langkah nyata pada setiap gerakannya. 
“Koperasi ini bergerak di semua kalangan terutama anak muda dan Ibu-Ibu. Koperasi ini memberikan peluang bisnis nyata untuk membangun kemakmuran bersama. Misalnya Anda ingin bisnis tapi tidak punya produk, Anda bisa pasarkan produk koperasi. Misalnya Anda butuh modal usaha, maka Anda akan diberikan latihan modal dengan tanpa jaminan. Inilah koperasi yang sebenarnya.” Jelas Sularto 

Eva Julianti, anggota Koperasi Arbangin yang sedang diberikan pelatihan modal Rp 1 juta mengatakan bahwa program ini sangat membantu. “Jadi saya mendapatkan modal tanpa jaminan Rp 1 juta. Saya angsur setiap minggu dan saya juga menabung setiap minggu. Menabung memang menjadi kebiasaan baru bagi saya dari bisnis yang saya jalankan. Pengurus koperasi insyallah akan memberikan tambahan modal setelah  pelatihan tahap pertama ini selesai. Jadi Koperasi Arbangin tidak menjadi modal uang sebagai unsur utama. Koperasi juga mengajak bersedekah. Dari hasil usaha saya, saya bersedekah rutin tiap minggu Rp 1.500,00. Memang masih kecil tetapi jika kita semua anggota bersama-sama merutinkan ini maka akan menjadi besar” ujar warga Tambak Sogra ini. 

Baca juga:  Nina Sopiana : Kopasjadi Ikut Membangun Ekonomi Masyarakat Ledug Dan Purwokerto

Untuk menjadi anggota Koperasi Arbangin cukup mudah. Pertama kali orang yang ingin menjadi anggota wajib menyetor Rp 15.000,00 Simpanan Wajib Perdana (sekali saja), Simpanan Pokok Rp 25.000,00 (sekali saja), adminsitrasi Rp 10.000,00 dan menyimpan pada simpanan Rp 50.000,00. Pendaftaran anggota sangat mudah hanya dengan foto KTP dan melampirkan bukti transfer ke Rekening Koperasi Arbangin No Rek Bank BRI No. 114501003402539. Simpanan yang dapat dipilih antara lain Simpanan Harapan  (bisa diambil sewaktu-waktu), Simpanan Umroh dan Simpanan Kurban. Bagi anggota juga dapat menyimpan Simpanan Berjangka (Simka) dengan bagi hasil setara 12% per tahun. 

Diah Suciati salah satu anggota Koperasi Arbangin membuka simpanan umroh dengan mengajak kedua orang tuanya bergabung menjadi anggota Koperasi Arbangin. Diah  setiap hari menyetor Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 20.000,00 untuk menambah setorannya simpanan umroh kedua orang tuanya. Simpanan umroh ini bisa diisi setiap hari maupun bulanan. Untuk mendaftar menjadi anggota Koperasi Arbangin Anda bisa mendapatkan informasi melalui WA 0812-3605-4513. (Beritakoperasi/Red)
 

Baca juga:  Mengenal Koperasi Mondragon, Koperasi Sukses dengan Prinsip Terkenal “One Member One Vote”