Kekayaan Laut di NTT Menjadi Peluang Besar bagi Koperasi

Kekayaan Laut di NTT Menjadi Peluang Besar bagi Koperasi

Beritakoperasi, Jakarta – Indonesia dengan keindahan lautan yang sangat luas memiliki banyak kekayaan didalamnya terutama yang memiliki potensi ekonomis yang sangat besar, namun kekayaan yang melimpah itu tidak dimanfaatkan secara maksimal. Melihat hal itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong tumbuhnya usaha-usaha yang produktif yang tumbuh di sektor kelautan khususnya di Nusa Tenggara Timur.

“Lautan NTT sangat kaya, manfaatkan dengan membuat produk unggulan kalutan. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sudah banyak yang dikelola oleh koperasi dan itu harus terus dimaksimalkan,” Kata Tenten Masduki, Minggu (23/5/2021).

Kekayaan yang sangat melimpah di laut NTT seharusnya bisa menjadi peluang usaha yang produktif yang memberikan kesejahteraan bagi anggota koperasi dan masyarakat sekitar.

“Kita memanfaatkan kekayaan laut untuk mendorong skala bisnis koperasi sekaligus ikut meningkatkan kualitas SDM Masyarakat,” Tambahnya.

Teten mencontohkan budidaya rumput laut yang dapat menghasilkan keuntungan besar dengan pemeliharaan yang tidak sulit. Bahkan rumput laut memiliki berbagai nilai tambah jika dapat diolah menjadi tepung lalu diekspor ke luar negeri.

“Ruput laut sangat menguntungkan berkali lipat dibandingkan garam. Dapat diolah menjadi tepung kemudian diekspor,” Ujarnya.

Teten menegaskan bahwa Koperasi Simpan Pinjam (KSP) perlu melakukan transformasi bisnis dengam mulai memasukan pembiyayaaan pada sektor-sektor produktif disekitarnya. Seharunya peluang bisnis di NTT dapat digarap secara produktif dan menjadi fokus disana.

Dalam melakukan pengembangan koperasi yang lebih inovatif di Indonesia ia akan berkoordinasi dengan Menteri investasi dalam menjajaki Kerjasama dengan koperasi besar di luar negeri untuk dapat berinvestasi di sektor produksi dan bekerjasama dengan koperasi di Indonesia.

“Kerjasama ini sangat penting dalam rangka alih teknologi dan pengetahuan agar koperasi kita menjadi koperasi yang berkelas dunia,” Katanya.

(Hirdan/Beritakoperasi)