Islam Mengajarkan Bekerja Keras

Seseorang melakukan sesuatu pekerjaan dapat di lihat dari cara berbuat,sikap,serta persepsi terhadap nilai bekerja.dan sebagian seorang muslim meyakini bahwa bekerja tidak hanya bertujuan untuk memuliakan diri,tetapi juga sebagai manifestasi dari amal sholeh dan mempunyai nilai ibadah.

Islam Mengajarkan Bekerja Keras

Tauziah Kamis Pagi 16 September 2021 | 8 Shafar 1443 H

Beritakoperasi, Jakarta - Bekerja keras merupakan bagian dari akhlaqul karimah yang harus dimiliki oleh setiap muslim.  Bekerja keras untuk mendapatkan rizki yang kemudian digunakan guna melengkapi kebutuhan keluarga.karena bekrja keras adalah perbuatan yang terpuji . Sejatinya rosulullah SAW mensejajarkan orang yang bekerja keras untuk mendapatkan rezeki yang halal guna memenuhi SDMnya,dengan mereka yang berjihad di jalan allah.

Di dalam Al-Qur'an ada banyak ayat-ayat yang menganjurkan kita untuk bekerja keras. Di antaranya sebagai berikut;

QS. At-Taubah ayat 105:

 وَقُلِ ٱعْمَلُوا۟ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُۥ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: "Dan Katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS At-Taubah: 105).

QS. Al-Ankabut ayat 17:

 فَٱبْتَغُوا۟ عِندَ ٱللَّهِ ٱلرِّزْقَ وَٱعْبُدُوهُ وَٱشْكُرُوا۟ لَهُۥٓ ۖ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ  

 

Artinya: "Maka carilah rezeki di sisi Allah, kemudian beribadah dan bersyukurlah kepada Allah. Hanya kepada Allah kamu akan dikembalikan." (QS al-Ankabut:17).

QS. Al-Jumu'ah ayat 10:

  فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: "Apabila telah ditunaikan shalat maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (QS al-Jumu’ah: 10).

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW jiga bersabda:

لَأَنْ يَحْتَطِبَ أَحَدُكُمْ حُزْمَةً عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ أَحَدًا فَيُعْطِيَهُ أَوْ يَمْنَعَهُ

Artinya: "Sungguh seorang dari kalian yang memanggul kayu bakar dengan punggungnya lebih baik baginya daripada dia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya atau menolaknya." (HR al-Bukhari dan Muslim).

 

Demikian ,bekerja keras untuk mencapai hidup yang berkecukupan adalah perbuatan yang sangat di anjurkan dalam islam.sebab,islam tidak ingin melihat umatnya bermalas malasan,bertopang dagu,bahkan tidak mau berusaha.

Seseorang melakukan sesuatu pekerjaan dapat di lihat dari cara berbuat,sikap,serta persepsi terhadap nilai bekerja.dan sebagian seorang muslim meyakini bahwa bekerja tidak hanya bertujuan untuk memuliakan diri,tetapi juga sebagai manifestasi dari amal sholeh dan mempunyai nilai ibadah.

Bekerja keras memiliki banyak manfaat, selain dapat menjadikan hidup yang sejahtera, tentram, dan nyaman. Selain kita juga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kita juga harus yakin bahwa hasil tidak akan menghianati usahanya. Memang dalam Islam diperlukan tolong menolong sesama manusia, tapi sebaiknya berusaha terlebih dahulu sebelum mengeluh. Memang tidak ada orang ang mencintai pekerjaannya dan menikmati setiap menit dia bekerja, tetapi kita tidak harus menderita dalam bekerja.

Jangan pernah berbohong untuk mendapatkan pekerjaan. Seseorang telah mengoptimalkan potensi dirinya. Manusia telah dikaruniai akal, rasa, dan karsa. Sehingga wajib menjaga harkat dan martabat dirinya.

Seseorang dapat mengubah nasib dirinya agar menjadi lebih baik. Dan di dakam al-qur’an dijelaskan bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu sendiri yang merubahnya. (Diah/Beritakoperasi)

Salurkan infak/sedekah anda melalui rekening Koperasi Arbain Wukir Jalanidhi (Koperasi AWJ), no rekening Bank BRI 114501003402539, atau hubungi Info Layanan Koperasi AWJ pada nomor WA 081977815855