DAFTAR SEKARANG YUKS ! ! Harkopnas 2021 : Kemenkop Gelar Webinar Nasional Bareng Koperasi BMI Bertema Menciptakan Ekosistem Koperasi Berbasis Anggota Menuju Koperasi Modern

DAFTAR SEKARANG  YUKS ! ! Harkopnas 2021 : Kemenkop Gelar Webinar Nasional Bareng Koperasi BMI Bertema Menciptakan Ekosistem Koperasi Berbasis Anggota Menuju Koperasi Modern

 

Beritakoperasi, Jakarta–  Dalam rangka Harkop tahun ini Koperasi BMI sebagai koperasi yang berbasis anggota dan menuju koperasi modern melaksanakan agenda bersama untuk memperkuat basis koperasi yang benar-benar membangun kesejahteraan bersama. Koperasi BMI Gelar Webinar Nasional Bertema Menciptakan Ekosistem Koperasi Berbasis Anggota Menuju Koperasi Modern yang akan digelar Sabtu,10/7 pukul 13.30 – 16.00 WIB. Dengan membangun paradigma baru koperasi Indonesia, Koperasi BMI terus menerus membangun koperasi yang besar, professional, berkarakter, mandiri dan bermartabat, koperasi yang ciri pemberdayaan dan koperasi yang peduli sesame. Tentu istilah modernisasi koperasi melekat pada tematik ini.

 

Koperasi dan UKM tahun ini menargetkan ada 100 koperasi modern sebagai percontohan. Sekarang koperasi modern menjadi terminologi baru di masyarakat. Apakah itu sekedar narasi kosong atau sesuatu yang berbeda dari pendekatan atau model sebelumnya. Yang ada sebagian besar koperasi eksisting saat ini sudah modern, misalnya dalam hal penerapan scientific management. Koperasi modern bermakna termutakhir atau terkini. Memberi ajektif modern pada koperasi artinya bagaimana koperasi memiliki pendekatan atau model kekinian, tentu saja, yang relevan dengan zamannya.

 

Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara mengungkapkan terminologi koperasi modern adalah koperasi yang mampu beradaptasi dengan zaman tetapi tidak lupa ruh koperasi berbasis anggota. “Koperasi modern paling tidak memiliki beberapa dimensi antara lain, pertama, perkembangan teknologi informasi yang membawa dampak yang luar biasa ke berbagai sektor kehidupan seperti pada aspek ekonomi, sosial, budaya, pemerintahan, politik dan lainnya harus kita sikapi dengan bijak dan tepat. Penyikapan ini tidak lepas tidak boleh hilangnya prinisp dan nilai koperasi” ujarnya

“Selanjutnya coba kita cermati data BPS (2020) merilis bahwa generasi Y dan Z mendominasi struktur demografi kita saat ini, totalnya 53,81 persen. Itu sama dengan ada 5-6 orang generasi Y dan Z dari 10 orang yang berkumpul. Generasi ini memiliki nilai, cara pandang, kebutuhan, aspirasi serta cara kerja berbeda dibanding generasi sebelumnya. Koperasi harus mampu membaca hal ini dengan baik” lanjut Kamaruddin.

“Dari berbagai fenomena koperasi modern yang menjadi isu kekinian kita berupaya membedahnya pada acara Webinar besok, kita ajak semua elemen koperasi di Indonesia untuk turut serta dalam acara ini” ajak Kamaruddin sambil menutup pernyataan singkatnya.


Webinar bertema ini akan menhadirkan Arif Rahman Hakim, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI yang akan membawakan tema Peran  Pemerintah Dalam Membangun Regulasi Perkoperasian Yang Mampu Meningkatkan Partisipasi Anggota Menuju Koperasi Modern. Selanjutnya akademisi IPB, Lukman Mohammad Baga akan membawakan tema Peran Serta Multipihak Pada Ekosistem Koperasi Yang Menumbuhkan Koperasi Yang Berjatidiri Dan Kompetitif.

 

Dari kalangan praktisi akan berbicara pengalaman terbaiknya (best practice) dari Koperasi Syariah dan Koperasi Kredit. Yakobus Jano,  Ketua KSP Kopdit Pintu Air pada sesi kedua akan membawakan tema Pengalaman Model Koperasi Kredit Dalam Membangun Koperasi Modern Berbasis Anggota. Sesi selanjutnya akan dibawakan oleh Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI, Penerima Anugerah Satyalancana Wirakarya Presiden 2018 , Penerima Anugerah Lencana Bakti Koperasi Tahun 2017 dan Peraih Rekor Muri Sebagai Penggagas Program Hibah Rumah Siap Huni Melalui Koperasi. Tema yang dibawakan adalah Pengalaman Model Koperasi  Syariah Dalam Membangun Koperasi Modern Berbasis Anggota.

Acara ini akan dipandu oleh Sularto yang merupakan Humas Koperasi BMI dan penulis buku Koperasipreneur serta M Arsad Dalimunthe, praktisi koperasi dan pendiri Kopkun Purwokerto. Untuk ikut acara ini calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran dengan link edukukm.id/webinar. Info pendaftaran dapat melalui 081285127765 dan bagi non anggota Koperasi BMI dapat bergabung dalam WA GRUP dengan link edukukm.id/webinar. Gabung di link zoom https://us06web.zoom.us/j/81307535432 (Sularto/Klikbmi).