Jakarta, Beritakoperasi – Menteri BUMN, Erick Thohir dukung pertumbuhan UMKM di Palembang melalui Festival Karya Nyata ke-11. Acara bertema “Cahaya Kreativitas di Bumi Sriwijaya” ini digelar di Lapangan DPRD Sumatera Selatan, pada 5-6 Oktober 2024.

Festival ini digelar dengan tujuan untuk membantu UMKM mendapatkan akses pasar dan lokasi penjualan strategis, serta serta memperkenalkan peran BUMN dalam mendukung usaha kecil.

Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN yang mewakili Erick Thohir, dalam festival ini menekankan bahwa program Rumah BUMN menjadi wadah untuk memfasilitasi UMKM dalam mendapatkan lokasi yang tepat untuk berjualan

“Untuk itu dengan adanya Rumah BUMN yang siap memberikan support untuk para UMKM binaan BUMN berharap dapat memfasilitasi tempat yang strategis untuk UMKM bisa berjualan. Kalau UMKM maju maka ekonomi maju, dan BUMN bisa terus support UMKM,” ujar Arya.

Festival Karya Nyata ke-11 ini menyatukan seni, budaya, dan bisnis lokal. Sebanyak 106 UMKM dari berbagai sektor seperti kerajinan, fesyen, dan kuliner (F&B) berpartisipasi dalam acara ini. Tercatat jumlah transaksi sebesar Rp511,43 juta diraih sepanjang festival berlangsung. 

Baca juga:  Perluas Jangkauan Penyaluran, PIP Gelar Sosialisasi ke Purworejo

Dalam festival ini, diperkenalkan juga aplikasi Naksir UMKM yang bertujuan meningkatkan kompetensi pelaku UMKM melalui kurikulum digital, sehingga mereka lebih selaras dengan kebutuhan pasar. 

Selain pameran produk lokal, Karya Nyata Festival juga menawarkan berbagai kegiatan seperti talkshow keberlanjutan, business matching, senam sehat, dan pertunjukan musik. Salah satu atraksi uniknya adalah rekor formasi pempek terbanyak dalam tampah. 

Beragam BUMN seperti PIHC, BRI, PTBA, serta hampir seluruh BUMN lainnya seperti MIND ID, Pertamina, Pusri, Pegadaian, dan lainnya turut mendukung acara ini. Selain itu, ribuan pengunjung menikmati semangat inovasi yang dihadirkan oleh para pelaku usaha lokal. (IT/Beritakoperasi)