Jakarta, Beritakoperasi – Koperasi Benteng Mikro Indonesia (BMI) kembali menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Sebelumnya Koperasi BMI telah meraih rekor MURI pada tahun 2021 sebagai inisiator program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH). Kali ini, BMI dianugerahi penghargaan atas penyerahan 500 unit HRSH kepada masyarakat yang membutuhkan.

Acara penyerahan berlangsung bersamaan dengan pemberian unit HRSH ke-500 kepada Ibu Asnah di Kampung Ancol  RT003/RW02, Desa Cirendeu, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.

Acara ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas Bupati Tangerang Andi Oni, Deputi Perkoperasian dari KemenkopUKM Ahmad Zabadi, serta jajaran Forkompimcam setempat. 

Perwakilan MURI, Triyono, mengungkapkan bahwa penghargaan ini diberikan karena BMI terus berkontribusi melalui program HRSH yang ditujukan kepada masyarakat kurang mampu.

“Kami memberikan rekor MURI pada 2021 pada BMI sebagai penggagas Hibah Rumah Siap Huni. Ini pertama kalinya koperasi memberikan HRSH kepada masyarakat dan anggota nya yang tidak mampu. Ternyata upaya Koperasi BMI tidak berhenti, dan ini adalah pemberian rekor MURI untuk Koperasi BMI dalam pemberian HRSH ke 500 unit,” ucap Triyono perwakilan MURI yang hadir di lokasi.

Baca juga:  Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Ia juga berharap inisiatif baik ini bisa menjadi inspirasi bagi koperasi-koperasi lain di seluruh Indonesia.

Presiden Direktur Koperasi BMI, Komaruddin Batubara, menekankan bahwa koperasi harus memberikan manfaat nyata bagi anggotanya dan masyarakat. Program HRSH ini, menurutnya, merupakan bentuk sedekah dari anggota koperasi untuk membantu sesama, mencerminkan semangat gotong royong yang menjadi inti dari koperasi.

“Kalau koperasi tidak memberikan manfaat buat anggota dan masayarakat nya, tinggalkan saja, ” ucap Komaruddin disambut tepuk tangan hadirin.

Disis lain, Plt Bupati Tangerang, Andi Oni, juga memberikan apresiasi atas capaian BMI dan bahkan menyatakan keinginannya untuk menjadi anggota koperasi tersebut sebagai bentuk dukungan. “Saya sangat apresiasi dan saya daftar ikut jadi anggota koperasi BMI, ” ucapnya. (IT/Beritakoperasi)