Purwokerto – Kalo kita dengar istilah Wonogiri pasti satu yang paling diingat adalah bakso. Selain itu juga jamu. Memang sejak tahun 70-an banyak perantau dari Wonogiri yang datang ke berbagai kota di seluruh Indonesia lalu jualan bakso.

 

Salah satu kecamatan di Wonogiri yang warganya terkenal dengan bakso-bakso enak dan gurih di Wonogiri adalah Girimarto. Warga asal Girimarto tersebar di berbagai kota baik jawa maupun luar jawa jualan bakso. Dengan ketekunan yang luar biasa yang menjadi sifat dan karakter warga Wonogiri, mereka merubah hidup dari bakso menaikkan kualitas hidupnya.

 

Sularto Aras Hamka, pemilik Bakso Girimarto yang orang tuanya berdagang bakso di Gang Depot Es Jl Raya Cilandak KKO Jakarta tahun 1990an merasa bisnis kuliner bakso sudah menjadi darah daging masyarakat asli Wonogiri.

 

“Dulu Almarhum Bapak saya jualan di Cilandak, Alhamdulillah karena jualan bakso yang awalnya keliling, almarhum Bapak saya bisa jualan mangkal. Saya masih ingat sekali almarhum memulai jualan bakso dari belum ada mesin giling seperti saat ini” ujar Sularto yang juga dikenal sebagai tokoh koperasi nasional.

Baca juga:  Cerita Di Balik Penyerahan Rumah Gratis Kopsyah BMI Ke-477 Di Serang

 

Sularto mengatakan Bakso Girimarto hadir untuk memberikan manfaat pada semua orang dan akan taat azas pada semua aturan pemerintah.

 

“Kita menghadirkan bakso yang enak dan rasa yang endul banget kata orang Purwokerto. Bakso Girimarto boleh dibilang juaranya tetelan dan bakso enak ala Wonogiri. Dan yang pasti kita taat pada aturan pemerintah termasuk mentaati jam kerja karyawan dan gaji karyawan pun standar UMK Banyumas” papar alumni FE Unsoed angkatan 1994.

 

Sularto mengatakan setiap mangkok Bakso Girimarto berisi bakso lezat khas Wonogiri diiring dengan kuah dengan rasa spesial dan tetelan yang banyak.

 

“Kita ini juara tetelan, bahkan pengunjung bisa minta tetelan tambahan kalo mau” ujar Sularto.

 

Salah satu pengunjung, Junaedi Abdillah warga perumahan Ledug menyatakan puas dengan rasa bakso Girimarto. Di status medsosnya Junaedi yang datang bersama keluarga menuliskan “Kemarin, lepas akhirussanah lanjut nyobain Bakso Girimarto, alhamdulilah hamppy semua yaa.. Oiya ini baksonya premium ya, ndaging ga mendul mendul.. “ tulis Junaedi yang juga karyawan Bank Mualamat.

Baca juga:  Menteri Perdagangan Temukan 500 Ton Minyak di Gudang Marunda

 

Kesan yang sama juga dirasakan Fitri, mahasiswa UIN Saizu Purwokerto ia katakan Bakso Girimarto enak, tempat nyaman dan harga paketnya sesuai untuk mahasiswa.

 

“Saya kira bakso ini sangat pas bagi semua. Enak gurih pokoknya gak salah kalo Bakso Girimarto ini pilihan bagi masyarakat Purwokerto. Dan yang saya suka banget di sini tetelannya banyak banget, bisa nambah lagi” pungkas Fitri.