Beritakoperasi, Jawa Tengah – Isra Miraj adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke masjid terjauh yaitu Masjid Aqsa di Yerusalem, lalu naik ke surga, dimurnikan dan diberi perintah bagi umat Islam untuk sholat lima kali sehari. Pada kalender Islam, Isra Miraj secara umum diperingati pada hari ke-27 bulan Rajab.

Isra Miraj merupakan peristiwa bersejarah dalam perjalanan Muhammad menjadi Nabi. Peringatan hari penting ini dirayakan dengan berbagai tradisi. Dikarenakan ada beragam budaya di seluruh negara ini, maka tradisi Isra Miraj di seluruh dunia pun berbeda-beda.

Berikut tradisi unik Isra Miraj yang sudah kami rangkum :

1. Indonesia
Negara kepulauan Indonesia sendiri memiliki beragam tradisi dalam merayakan Isra Miraj. Tradisi ini bergantung kepada kearifan lokal masing-masing wilayah. Misalnya saja, sebuah daerah di Jawa Timur melaksanakan tradisi Ambengan yakni orang-orang akan berkumpul dan makan bersama dari satu wadah besar untuk merayakan Isra Miraj.

Sedangkan di Yogyakarta, diadakan Rejeban Peksi Buraq. Tradisi ini mengangkat dua burung buraq sebagai simbol kendaraan Nabi Muhammad naik ke surga. Burung Buraq dalam tradisi ini dibuat dari jeruk bali. Kedua burung akan diarak oleh abdi dalem dari Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta menuju Serambi Masjid Gede Kauman. 

Baca juga:  Pastikan Koperasimu Siap! PT Surveyor Indonesia Akan Pimpin Verifikasi Nasional Koperasi Simpan Pinjam

2. Palestina
Di Palestina, warga muslim akan memperingati hari Isra Miraj dengan mengenakan baju kebesaran mereka.
Mereka juga akan memainkan alat musik berirama merdu berkelilingi rumah-rumah. Para warga akan saling menyambut kedatangan para pemusik, ikut bergembira, dan berbagai makanan. 

3. Amerika
Warga beragama Islam di Amerika merupakan minoritas. Meskipun begitu, mereka tetap bisa merayakan Isra Miraj, tetapi dengan cara mereka sendiri.

Mereka akan berkumpul di Islam Center dan memanjatkan doa bersama. Tradisi Isra Miraj yang sederhana di Amerika ini sudah cukup untuk menghangatkan hati para muslim di negara Hollywood itu.

4. Kanada
Muslim di negara Kanada merayakan Isra Miraj dengan membagikan permen kapas kepada warga. Sehingga sebelum hari Isra Miraj tiba, biasanya mereka akan sibuk mempersiapkan permen, bahkan ada yang membuat sendiri di rumah mereka.

Permen-permen itu kemudian dibagikan kepada tetangga dan kerabat terdekat mereka. Meskipun negara Kanada tidak didominasi oleh umat Islam, uniknya di Kanada, umat Islam bisa merayakan Isra Miraj selama dua hari berturut-turut.

Baca juga:  Kontribusi UMKM Tembus 60,5 persen terhadap PDB, Peran Tenaga Pendamping jadi Kunci Sukses UMKM Naik Kelas

5. Turki
Turki juga memiliki cara unik untuk merayakan Isra Miraj. Muslim di sana akan menyalakan lilin di seluruh kota. Para muslim juga akan berkumpul di masjid atau di area terbuka untuk memanjatkan doa bersama-sama. 

 

BACA JUGA : Apa Benar Gempa Di Negara Turki Buatan Manusia???

6. Oman
Masyarakat mulsim di Oman merayakan Isra Miraj dengan membaca Al Quran di malam Isra Miraj. Pembacaan Al Quran dilaksanakan bersama-sama di masjid. Selain itu, mereka juga akan menghiasi rumah-rumah dengan lampu yang terang. 

7. Kuwait
Isra Miraj di Kuwait bisa dirayakan selama tiga hari berturut-turut. Hari Isra Miraj menjadi hari libur nasional selama tiga hari. Kesempatan ini umumnya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat, merayakan Isra Miraj.  

Demikian itu uraian singkat tradisi Isra Miraj di seluruh dunia. Negara manakah yang menurut kalian paling unik dalam merayakannya ? (Beritakoperasi/Sefi)