Beritakoperasi, Jawa Tengah – Kebutuhan adalah sesuatu yang muncul secara naluriah sekaligus diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan juga dapat diartikan sebagai keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberi kepuasan terhadap manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani.

 

Koperasi Arasy Wukir Jaladri memberikan tekanan bahwa uang hanyalah alat semata, tanpa pendidikan yang baik anggota akan dengan mudah keluar dari rel menuju kesejahteraan. Sebelum menjadi anggota, masyarakat diberikan pendidikan tentang perkoperasian dan pendidikan teknis melaksanakan usaha. Pendidikan pada taraf ini juga sampai pada pendidikan spiritual, bagaimana mengajak anggota untuk meningkatkan iman dan takwanya.  Sehingga untuk lebih berdaya maka pendidikan dan ekonominya harus meningkat.  

 

Makmur bersama memiliki esensi dasar membangun kesejahteraan sosial dan spiritual. Dengan meningkatnya pendidikan dan ekonomi maka kesejahteran sosial dan spiritual insyallah akan tercapai. Mari kita lihat Kesejahteraan Koperasi Arasy Wukir Jaladri di bawah ini :

 

1. Pendidikan
Berbicara mengenai Pendidikan, kita semua pasti sudah mengetahui bahwa begitu pentingnya pendidikan bagi manusia. Dengan adanya pendidikan ini maka manusia atau seseorang dapat mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan Sumber Daya Manusia yang tinggi. Hal-hal tersebut menjadi salah satu modal yang berharga yang dapat kita miliki untuk tetap hidup di zaman yang serba sulit ini.

Baca juga:  Kasus Penggelapan Dana KSP Dinyatakan Bebas. Teten : Banyak KSP Berlindung Dibalik Jati Diri Koperasi.

Pendidikan, kemampuan, pengetahuan, dan wawasan sangat dibutuhkan dalam memulai atau melamar suatu pekerjaan. Mulai bangku Sekolah Dasar, pendidikan sudah kita dapatkan.

 

BACA JUGA : Kopsyah Arasy Wukir Jaladri : 5 Tips Mengembangkan Bisnis Online

2. Ekonomi
Menurut Justin Miller, bahwa Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.

 

Ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oikos yang artinya rumah tangga, dan Nomos yang artinya peraturan..
Ekonomi mampu smembuat seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak. Dan juga dapat membuat manusia mendahulukan keperluan yang terpenting dahulu.

 

Juga dapat membuat pola hidup menjadi hemat, agar bisa mengatur masa depan yang cerah. Jadi singkatnya, ekonomi itu sangat penting bagi manusia, karena membantu manusia untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari mereka, dengan cara yang baik dan benar.

 

3. Sosial
Pentingnya kebutuhan sosial Karena kebutuhan sosial memainkan peran penting dalam setiap individu, kebutuhan tersebut harus dipenuhi agar orang-orang dapat mengembangkan aktivitasnya secara efektif. Kebutuhan ini, secara umum, dipenuhi dengan mengembangkan ikatan dengan orang lain, dengan siapa mereka berbagi identitas yang sama.

Baca juga:  Sefi Ahmafriani, Co-op Secretary Koperasi Multi Pihak KBUMP: Kita Sebarkan Minat Berkoperasi Sambil Jualan Kaos Bertema Pejuang Koperasi

 

4. Spiritual
Kebutuhan spiritual merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Apabila seseorang dalam keadaan sakit, maka hubungan dengan Tuhannya pun semakin dekat, mengingat seseorang dalam kondisi sakit menjadi lemah dalam segala hal, tidak ada yang mampu membangkitkannya dari kesembuhan, kecuali Sang Pencipta.

Keimanan atau keyakinan religius sangat penting dalam kehidupan personal individu. Lebih Keimanan diketahui sebagai suatu faktor yang sangat kuat f (powerful) dalam penyembuhan dan pemulihan fisik, yang tidak dapat diukur.

 

Untuk menjamin tercapainya indikator kesejahteraan pendidikan, ekonomi, sosial dan spiritual inilah diperlukan pengertian anggota dalam memahami pentingnya berkoperasi yang benar dan memberikan pemahaman tentang aspek ekonomi dalam islam. (Beritakoperasi/Sefi)