Beritakoperasi, Jawa Tengah – Seperti yang kita tau, kemasan atau packaging adalah bagian penting dari manajemen produk. Selain melindungi produk, packaging juga menjadi ciri-ciri dari produkmu yang bisa dikenali oleh konsumen.

Artinya, tanpa packaging, bisa disimpulkan bahwa produkmu akan rentan rusak dan tidak bisa digunakan atau bahkan dikenali konsumen.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan atau packaging diantaranya :

1.    Design yang sederhana dan menarik.
Design adalah hal pertama yang diperhatikan oleh konsumen, selain menjadi daya Tarik utama, design yang sesuai juga bisa menambah daya beli suatu produk.

Design yang minimalis dan elegan juga bisa menjadi pilihan, selain memperhatikan warna, bentuk, pemilihan jenis huruf dan aksen lain, para pelanggan juga memperhatikan dari segi estetika suatu produk.

2.    Sesuaikan design dengan target pasar.
Target pasar suatu produk akan mempengaruhi design produk tersebut, maka jangan sampai salah menyesuaikan konsep design dengan target pasar yang ada agar bisa sampai kepada konsumen dengan baik.

Baca juga:  Lima Tahun Capaian Kemenkop UKM: Dari Pabrik Minyak hingga Program Digitalisasi

3.    Penulisan yang singkat dan jelas.
Hal lain yang perlu diperhatikan agar kemasan produk terlihat menarik adalah dengan memperhatikan tulisan yang akan ditaruh di kemasan. Seperti kemasan lain pada umumnya, pasti akan memuat beberapa informasi produk pada kemasan. Dalam menulis informasi produk, usahakan menyusun kalimatnya secara efektif sehingga meski tulisannya singkat, informasinya jelas.

4.    Kemasan yang mudah dibuka dan dibawa.
Selain dari segi visual, kemasan yang baik juga tidak boleh menyulitkan konsumen. Kemasan yang mudah dibuka dan dibawa akan memudahkan konsumen.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, karakteristik produk yang akan dikemas, apakah mudah rusak atau pecah misalnya, serta ukurannya juga harus dipertimbangkan. Kedua, minat konsumen itu sendiri. Dua informasi ini akan membantu kamu dalam memilih desain kemasan yang paling sesuai.

5.    Pilih bahan baku yang tepat.
Salah satu jenis bahan kemasan yang sangat disarankan sekarang adalah packaging makanan yang ramah lingkungan.

Tujuannya jelas untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, termasuk mengurangi limbah kemasan itu sendiri. Kemasan ramah lingkungan juga menjadi daya tarik bagi sebagian besar konsumen sekarang karena menunjukkan citra baik dari produk dan usaha kamu.

Baca juga:  Mie Ayam Mbah Uti: Melestarikan Resep Keluarga dan Menambahkan Sentuhan Modern

Nah, agar produk kalian tetap menarik dan semakin digandrungi konsumen, jangan sampai salah dalam membuat kemasan produk ya, tetap dengan ciri khas produk kalian masing-masing . (Beritakoperasi/Sefi)